Kenangan Ini Hanya Dialami Kamu Warga Godean

shares |

Kenangan yang Dialami Oleh Warga Godean

Lungo.id - Menelusuri wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta tentu tak ada habisnya. Contohnya wisata alam Kulonprogo. Bila kamu berwisata ke Kulonprogo dari Kota Jogja Kemungkinan besar kamu akan melewati daerah godean. Godean adalah salah satu kecamatan di area Sleman barat yang mempunyai aktivitasnya padat. Bicara soal Godean ada beberapa hal unik yang hanya dialami oleh kamu warga Godean. Apa saja?

1. Pasar Godean

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Pasar yang berada tepat dipinggir Jalan Godean ini merupakan pasar vital di Kecamatan Godean, betapa tidak? Lha pasarnya di Godean cuma satu kok. Btw, namun bagi kamu yang merantau pasti kangen suasana pasar ini, kangen dengan tongsengnya, kangen dengan simbah-simbah penjual gudangan, kangen dengan orang gila yang teriak-teriak dipinggir jalan, entah apa motivasinya kok teriak-teriak diperempatan pasar Godean.

2. Pasaran PON, orang berjubel di Pasar Godean

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Emang unik ya di Yogyakarta ini, tau ga sih pasaran? Pasaran itu semacam tanggal jawa, ada pon, wage, kliwon, legi, pahing. Nah untuk di Pasar Godean sendiri, pasarannya yaitu saat Pon, jadi disini banyak orang berteriak-teriak tapi bukan karena gila lhoh ya, apalagi di perempatan tapi disini banyak orang berjualan, tua-muda numpuk megeremuni Pasar Godean saat Pon. Terus kapan Pon-nya? Nah disitulah kamu butuh tanggalan yang ada gambar cewek ada mobil dibelakangnya atau tanggalan kedaulatan rakyat. Taraaa ketemu pasaran Pon? Langsung cus pasar Godean, jangan lupa pake sandal yaa.

3. Sendang Klangkapan

sendang klangkapan, kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Kok sendang ini masuk area Godean? Bukannya seyegan? Emang! Nantang? Eh eh, bentar dulu Mas Mba, sendang ini memang berada di Seyegan, namun warga Godean Seyegan tidak asing dengan sendang ngehitz oleh anak tahun 90an, ada yang cerita hampir tenggelam saat main mandi disini, ada yang pernah tes masuk TNI di sendang ini, dan masih banyak cerita menarik lainnya.
Baca Juga:

4. Mempunyai Jalan Legenda Jagoseg

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Apa itu jalan jagoseg? Jago yang suka Seg? Atau jago gituan? Gituan apa sih? Ah lupakan, jadi JAGOSEG yaitu Jalan Godean Seyegan, jalan yang vital  sepanjang 14 kilometer yang menghubungkan berbagai daerah di Yogyakarta tercinta ini. Jalan yang ada tulisan *NTON Photo dimana-mana. Terus kenapa bisa legenda? Bukan karena Mbah Rono ya (hanya warga Godean sejati yang tau) jadi begini dari informasi akurat bahwa terdapat anak muda pecinta salah satu supporter sepak bola yang mempunyai kegiatan positif disetiap aktivitasnya yang dirintis sejak tahun 2002an dan masih eksis sampai sekarang, terbentuklah kominitasnya yaitu jagoseg atau kepanjangan dari Jalan Godean Seyegan.

5. Kripik Belut, Wisata Kuliner Unik

peyek belut khas godean, kuliner khas godean,kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Belut dibuat kripik? Ga salah tuh? Emang enak? Emang ga aneh? Haih, datang langsung aja ke Pasar Godean. Udah gitu aja. Btw, tempat jualannya sekarang udah direlokasi dari pasar Godean, tapi agak ke timur dikit kira-kira 400meteran eh mungkin ga nyampe, malah cuman 300meteran. Harga peyek belut ini terhitung tahun 2016 seharga 130ribuan per kilo. Wow amazing kan? Tapi enak lhoh.

6. Mempunyai Kerajinan Gendheng/ Genting

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Gendheng? Orang gila? Itu Gendheng bray, eh sama aja ya penulisannya, di baca gendeng, nah kata gendheng termasuk jenis kata apa? Homo? Homograf. Eh malah pelajaran bahasa Indonesia, jadi di Godean ini emang terkenal dengan kerajinan Genting atau atap yang terbuat dari tanah liat. Pusat kerajinannya ada di Dusun Genitem dan Berjo. Kalau mau bikin rumah jangan lupa beli Genting disini ya. Jadi Ingat rumah ingat Godean.

7. Banyak Mencetak Siswa Unggulan

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean

Tidak dipungkiri, warga Godean sendiri banyak yang sekolah disini, ada SMA N 1 Godean di Nogosari, ada SMK 1 Godean, ada SMK 2 Godean, ada, SMP 1 Godean di Jalan Jae Sumantoro, ada MTSN Godean, ada SMP 2 Godean, udah ya itu aja, soalnya masih banyak sekolahan disini dan semua memiliki prestasi yang membanggakan.

Itulah sedikit ulasan lungo.id untuk Godean, jangan lupa mampir kesini ya, cintai produk lokal, tetap jaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga:



Cari Hotel dan Tiket Penerbangan Menuju Yogyakarta Disini

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar