Senin, 16 Mei 2016

8 Tempat Sahdu Untuk Menikmati Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah Kulonprogo Jogja



arah menuju pantai glgah harga tiket masuk pantai glagah indah
Foto: @septian_andriynto

Lungo.id - Pantai yang berada di ujung kota Yogyakarta ini merupakan pantai pasir hitam yang cukup indah untuk dinikmati. Pantai yang beralamat di Desa Glagah, Temon, Kulonprogo adalah salah satu pantai yang menjadi salah satu tempat wisata unggulan di kabupaten ini. Lha kok bisa? Nah, berbagai fasilitas sudah lengkap yang siap untuk memuaskan wisatawan yang mau berkunjung disini. Menariknya dilihat dari segi perspektif bangunan, pantai yang menawan ini terdapat tetrapod yang berjajar terhitung sampai ratusan memenuhi bibir pantai, sebenarnya fungsi tetrapod ini sebagai pemecah ombak, dan mengurangi abrasi akibat deburan ombak. Tetapi, karena saking banyaknya tetrapod yang berjajar kokoh, menjadi tempat yang menarik sekali untuk menjadi spot foto bagi para pecinta selfie. Selain itu, pantai ini berbeda dengan pantai daerah Wonosari yang umumnya dibatasi oleh tebing, karang batuan gamping, namun sepanjang mata memanfang tak ada satupun tebing yang menghalangi pemandangan, tak ada karang yang menghiasi, yang ada hanyalah hamparan padang pasir besi luas bagaikan gurun pasir bak film-film di gurun sahara. Sebenarnya disini bisa ngapain aja sih? Apa cuman mandi air laut kayak dipantai-pantai umumnya?

Fasilitas di Pantai Glagah Indah

Karena pantai glagah merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kulonprogo, maka fasilitas disini cukup komplit, antara lain terdapat.

1. Laguna Pantai Glagah


Laguna pantai glagah, tempat menikmati pemandangan pantai glagah
Foto: @wira_antonius


Tidak semua pantai memiliki laguna lhoh, bahkan bisa dikatakan langka. Sebenarnya apa tah laguna itu? Laguna adalah semacam cekungan yang semula berada didaratan, kemudian berjalannya waktu cekungan tersebut diisi air, sehingga membentuk seperti danau. Di laguna glagah bisa ngapain aja? Di laguna ini wisatawan bisa menaiki perahu kecil atau perahu bebek yang dikayuh, menyewa sampan, kano, gethek yang bisa digunakan untuk mengelilingi laguna. Selain itu, air yang tenang, angin sepoi-sepoi bisa menjadikan tempat ini menjadi spot memancing sahdu, dan juga tempat untuk menikmati sunset.

2. Hamparan Pasir Besi


Hamparan pasir besi glagah atv
Foto: @herlangga15

Ditanah lapang hamparan pasir hitam glagah ini, wisatawan bisa menyewa motorcross ataupun ATV lhoh. Cocok sekali bagi kamu yang ingin memcacu adrenalin untuk mentrabas gundukan-gundukan pasir besi.

3. Dermaga Pantai Glagah


Dermaga pantai glagah, tempat sahdu glagah
Foto: @rochellesharonnxx

Bangunan yang berbentuk seperti jembatan yang menjorok ke arah laut ini menjadi tempat yang sangat cocok sekali merasakan asinnya air laut, sesekali saat deburan ombak keras menghantam tetrapod, air akan terhempas tinggi dan cekreeek, bisa buat foto dengan timing yang pas dan merasakan asinnya air laut.

Baca Juga: 



4. Agrowisata Buah-Buahan

Jangan Salah, meskipun wisata pantai, disini terdapat tempat agro wisata. Umumnya masyarakat sekitar menanam buah naga, semangka dan melon. Saat musim panen, wisatawan juga bisa ikut memanen merasakan menjadi petani buah. Agro wisata ini berada disekitaran pantai glagah indah sebelah barat, dengan luasan kebun 3.5 ha yang menjadikan tempat ini salah satu penghasil buah didaerah Kulonprogo, jadi jangan lupa mampir ya.

5. Sea Wall atau Tetrapod



Tempat sahdu glagah, seawall glagah, tetrapod glagah
Foto: @inirifan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, hamparan tetrapod yang berada disekitaran bibir pantai biasanya digunakan oleh wisatawan untuk berselfie ria, selain itu banyak juga yang menggunakan tetrapod ini untuk tempat memancing.

6. Tempat Kuliner Seafood


Kuliner sahdu pantai glagah, tempat sahdu pantai glagah
Foto: @anindyadinarta

Pada umumnya, di pantai glagah jogja ini banyak sekali tempat makan dengan menu andalan sea food. Harganya cukup terjangkau untuk mengganjal perut setelah seharian menikmati indahnya pantai glagah.

7. Penginapan atau Losmen


Bagi yang telah merencanakan untuk menginap atau ingin menikmati hangatnya mentari  sunrise, disini sudah disediakan tempat menginap atau losmen dengan fasilitas yang bisa dikatakan terbatas, tapi masih mendingan untuk berkumpul.


8. Souvenir 


Beragam souvenir tersedia disini, seperti kacamata, kaos anak, namun sayangnya souvenir yang menjadi ciri khas Pantai Glagah sangat minim. Tapi yang unik, ditempat agrowisata tadi, selain bisa ikut memanen, wisawan juga bisa membeli buah hasil panen tadi sebagai buah tangan, namun kalau pas musimnya ya.

9. Camping Ground



Tempat kemping pantai glagah
Foto: @panggihakbar

Namun, kalau kamu sudah merencanakan untuk camping, di pantai glagah indah juga sudah tersedia tempat camping ground yang berada disekitaran bibir pantai. Pilihlah tempat yang datar untukmengantisipasi masuknya air laut, mengingat deburan ombak yang rumayan kencang.




Harga Tiket Masuk, Biaya Parkir

Tidak sampai merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat menikmati sumilir Pantai Glagah yang indah ini. Dengan harga tiket masuk Rp 4000, parkir motor Rp 3000, parkir mobil Rp 10000, parkir bus/truk Rp 20000, untuk yang habis berenang di pantai Glagah, disini juga tersedia fasilitas pemandian, bilas, cuci, dengan membayar Rp 2000 sampai dengan Rp 3000. Nah yang membawa anak atau bersama keluarga, di laguna glagah tersedia penyewaan kapal kecil, kano dengan membayar Rp 20000 untuk untuk perahu kayuh bebek-bebekan yang bisa digunakan untuk mengelilingi laguna dengan hitungan per jam, kemudian jika ingin menggunakan kapal besar bisa membayar Rp 5000 per orang denhan menunggu maksmial 14 orang. Cukup murah meriah kan?


Rute Menuju Pantai Glagah Indah Yogyakarta

Arah menuju Pantai Glagah Indah sangatlah mudah untuk dijangkau dan jalanannya cukup mulus untuk dilewati kendaraan bermotor, hal ini dikarenakan pemerintah Kabupaten Kulonprogo terus merenovasi dalam membangun dan mengembangkan potensi wisata.
Apabila kamu datang dari Kota Jogja, langsung cus menuju Jalan Wates, lurus dan ikuti saja jalan wates sampai nemu petunjuk arah Pantai Glagah, ikutin aja papan petunjuk arah yang sudah disediakankan oleh dinas transportasi sampai menuju Pantai Glagah indah Jogja.

Rute menuju pantai glagah indah yogyakarta
Foto: @amalianoorf

Jalan Menuju Pantai Glagah Via Google Maps







Video Suasana Pantai Glagah Indah

Baca Juga:



Jumat, 13 Mei 2016

Segarnya Angin di Bukit Ngisis Nglinggo Kulonprogo

Bukit Ngisis Nglinggo Kulonprogo

Foto @Novitasary.2411

Lungo.id - Jogja memang sangat luas sekali untuk dibahas, kali ini lungo.id akan membahas wisata Bukit Ngisis Kulonprogo, apa yang ada dibayangan kalian tentang kata Ngisis? Apakah tempat untuk latihan militer militan ISIS? Wah, kalo iya bearti salah besar, Ngisis dalam bahasa jawa bearti menyejukkan badan dengan terpaan angin sepoi-sepoi. Cocok sekali kalau wisata alam di bukit Nglinggo ini beri nama Ngisis. Hamparan hijaunya Kulonprogo, sejukknya angin sumilir, perkasanya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing bisa dilihat dari bukit Ngisis, itupun kalau beruntung dan cuaca sedang cerah ya, so waktu yang cocok untuk bisa menikmati pemandangan tersebut sekitar pagi hari maupun siang hari. Tidak lupa untuk memenuhi hasrat kawula muda untuk bisa foto, team dari wisata Bukit Ngisis yang beralamat di Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo ini sudah mempersiapkan spot foto yang menjorok ke luar perbukitan. Bagi yang takut ketinggian harap waspada, tapi aman kok kalau mau foto di spot ini, bahkan bisa dikatakan rugi kalau ga foto-foto disini.

Baca juga:


Arah Menuju Bukit Ngisi Nglinggo Kulonprogo
Foto @ekafebri_keren


Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Biaya Parkir

Untuk bisa menikmati sejuknya di Bukit Ngisis Nglinggo Kulonprogo ini, biaya masuk sangatlah terjangkau, hanya dengan membayar Rp 3.000 saja, untuk sementara masuk di bukit Ngisis ini masih menjadi satu dengan wisata kebun teh Nglinggo dikarenakan di wisata bukit Ngisis ini masih perkenalan dan masih butuh polesan-polesan agar bisa lebih menarik lagi. Berbicara mengenai fasilitas, disini sudah disediakan toilet, dan rumah pohon dimana kalian bisa beristirahat setelah mengarungi keindahan Kulonprogo, oiya di Bukit Ngisis ini juga sudah disediakan gardu pandang terbuka yang masih alami lhoh, cocok untuk menyejukkan mata.

Arah Menuju Bukit Ngisi Nglinggo Kulonprogo
Foto @Pdyah_pratiwi



Untuk yang bawa kendaraan bermotor jangan khawatir motor maupun mobilnya, karena disini sudah disediakan tempat parkir dengan hanya membyar Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 5000 untuk mobil. Pokokmen murah meriah banget dan ga rugi untuk berwisata disini. Selain itu untuk yang mau camping ground, sangat diperbolehkan disini dengan menghubungi nomer telepon 081328225945 atas nama Mas Niam selaku pengelola wisata di Bukit Ngisis.


Jalan Menuju Bukit Ngisis

Rute menuju ke wisata Bukit Ngisis Nglingo rumayan berkelok dan masuk jalan protokol, berikut lungo.id akan berbagi yang bisa diakses memlai Jalan Godean, apabila anda dari Kota Jogja, dari Kota Jogja lurus terus kebarat sampai nemu Kali Progo, masih lurus lagi  kira-kira 1 kilometer sampau nemu perempatan Jalan Nanggulan- Mendut, nah terus belok ke kanan atau arah ke utara lurur terus sampai nemu pertigaan Kali Bawang Sendang Sono, nah mulai dari sini mulai belok kiri atau arah ke barat ikuti Jalan Kali Bawang Sendang Sono sekitar 8 kilometer.

Baca Juga:
Arah Menuju Bukit Ngisi Nglinggo Kulonprogo
Foto @wisata_desa_nglinggo

Arah Menuju Bukit Ngisis via Google Maps

Atau untuk lebih mudahnya bisa diakses dengan Google Map, namun yang kami bagikan ini melalui pintu gerbang wisata kebun teh Nglinggo yang kemudian bisa langsung cus ke Wisata Bukit Ngisis
Kamis, 05 Mei 2016

Kenangan Ini Hanya Dialami Kamu Warga Godean

Kenangan yang Dialami Oleh Warga Godean

Lungo.id - Menelusuri wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta tentu tak ada habisnya. Contohnya wisata alam Kulonprogo. Bila kamu berwisata ke Kulonprogo dari Kota Jogja Kemungkinan besar kamu akan melewati daerah godean. Godean adalah salah satu kecamatan di area Sleman barat yang mempunyai aktivitasnya padat. Bicara soal Godean ada beberapa hal unik yang hanya dialami oleh kamu warga Godean. Apa saja?

1. Pasar Godean

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Pasar yang berada tepat dipinggir Jalan Godean ini merupakan pasar vital di Kecamatan Godean, betapa tidak? Lha pasarnya di Godean cuma satu kok. Btw, namun bagi kamu yang merantau pasti kangen suasana pasar ini, kangen dengan tongsengnya, kangen dengan simbah-simbah penjual gudangan, kangen dengan orang gila yang teriak-teriak dipinggir jalan, entah apa motivasinya kok teriak-teriak diperempatan pasar Godean.

2. Pasaran PON, orang berjubel di Pasar Godean

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Emang unik ya di Yogyakarta ini, tau ga sih pasaran? Pasaran itu semacam tanggal jawa, ada pon, wage, kliwon, legi, pahing. Nah untuk di Pasar Godean sendiri, pasarannya yaitu saat Pon, jadi disini banyak orang berteriak-teriak tapi bukan karena gila lhoh ya, apalagi di perempatan tapi disini banyak orang berjualan, tua-muda numpuk megeremuni Pasar Godean saat Pon. Terus kapan Pon-nya? Nah disitulah kamu butuh tanggalan yang ada gambar cewek ada mobil dibelakangnya atau tanggalan kedaulatan rakyat. Taraaa ketemu pasaran Pon? Langsung cus pasar Godean, jangan lupa pake sandal yaa.

3. Sendang Klangkapan

sendang klangkapan, kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Kok sendang ini masuk area Godean? Bukannya seyegan? Emang! Nantang? Eh eh, bentar dulu Mas Mba, sendang ini memang berada di Seyegan, namun warga Godean Seyegan tidak asing dengan sendang ngehitz oleh anak tahun 90an, ada yang cerita hampir tenggelam saat main mandi disini, ada yang pernah tes masuk TNI di sendang ini, dan masih banyak cerita menarik lainnya.
Baca Juga:

4. Mempunyai Jalan Legenda Jagoseg

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Apa itu jalan jagoseg? Jago yang suka Seg? Atau jago gituan? Gituan apa sih? Ah lupakan, jadi JAGOSEG yaitu Jalan Godean Seyegan, jalan yang vital  sepanjang 14 kilometer yang menghubungkan berbagai daerah di Yogyakarta tercinta ini. Jalan yang ada tulisan *NTON Photo dimana-mana. Terus kenapa bisa legenda? Bukan karena Mbah Rono ya (hanya warga Godean sejati yang tau) jadi begini dari informasi akurat bahwa terdapat anak muda pecinta salah satu supporter sepak bola yang mempunyai kegiatan positif disetiap aktivitasnya yang dirintis sejak tahun 2002an dan masih eksis sampai sekarang, terbentuklah kominitasnya yaitu jagoseg atau kepanjangan dari Jalan Godean Seyegan.

5. Kripik Belut, Wisata Kuliner Unik

peyek belut khas godean, kuliner khas godean,kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Belut dibuat kripik? Ga salah tuh? Emang enak? Emang ga aneh? Haih, datang langsung aja ke Pasar Godean. Udah gitu aja. Btw, tempat jualannya sekarang udah direlokasi dari pasar Godean, tapi agak ke timur dikit kira-kira 400meteran eh mungkin ga nyampe, malah cuman 300meteran. Harga peyek belut ini terhitung tahun 2016 seharga 130ribuan per kilo. Wow amazing kan? Tapi enak lhoh.

6. Mempunyai Kerajinan Gendheng/ Genting

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean, genting godean

Gendheng? Orang gila? Itu Gendheng bray, eh sama aja ya penulisannya, di baca gendeng, nah kata gendheng termasuk jenis kata apa? Homo? Homograf. Eh malah pelajaran bahasa Indonesia, jadi di Godean ini emang terkenal dengan kerajinan Genting atau atap yang terbuat dari tanah liat. Pusat kerajinannya ada di Dusun Genitem dan Berjo. Kalau mau bikin rumah jangan lupa beli Genting disini ya. Jadi Ingat rumah ingat Godean.

7. Banyak Mencetak Siswa Unggulan

kenangan godean, pasar godean, sendang klangkapan, sekolah terkenal godean, Ponponan pasar godean, semua tentang godean

Tidak dipungkiri, warga Godean sendiri banyak yang sekolah disini, ada SMA N 1 Godean di Nogosari, ada SMK 1 Godean, ada SMK 2 Godean, ada, SMP 1 Godean di Jalan Jae Sumantoro, ada MTSN Godean, ada SMP 2 Godean, udah ya itu aja, soalnya masih banyak sekolahan disini dan semua memiliki prestasi yang membanggakan.

Itulah sedikit ulasan lungo.id untuk Godean, jangan lupa mampir kesini ya, cintai produk lokal, tetap jaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga:



Selasa, 03 Mei 2016

6 Tempat Memancing Sahdu Di Kulonprogo

Tempat/ Spot Mancing di Kulonprogo


Lungo.id - Semenjak ada acara mancing mania salah satu tv swasta nasional, dewasa ini hobi memancing sudah seperti agenda wajib bagi para anak muda, bapak-bapak, dan ada juga yang mengajak keluarganya. Namun yang unik, kadang ada yang  "nglimpe pengen uncal" karena ada yang kena marah sang istri tercinta, mungkin tangannya gatel kali ya ga narik joran pancing. Bicara mengenai mancing, kali ini kami akan berbagi tempat mancing sahdu di Kulonprogo yang sekaligus bisa untuk wisata.

1. Waduk Sermo Kulonprogo

Tempat Spot  Sahdu Mencing di Kulonprogo Yogyakarta
[email protected] Mamet 
Waduk yang menjadi salah satu aset wisata di Kulonprogo ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemancing. Dengan luasan waduk sekitar 157 ha yang bertujuan untuk memenuhi pengairan bagi petani membuat spot mancing di Waduk Sermo Kulonprogo sangat nyaman untuk menyahdukan pikiran dari rutinitas kerja. Di waduk ini ikan yang umum didapatkan antara lain nila, cucut, buso dan masih banyak lagi.

2. Bendungan Tebing Kayangan Kulonprogo

Tempat Spot  Sahdu Mancing di Kulonprogo Yogyakarta
Di Tebing Kayangan terkenal dengan acara Rebo Pungkasan, yaitu semacam tradisi warga Bendung Kayangan, Girimulyo yang gambarkan dengan acara makan bersama layaknya saudara, dan memandikan kuda. Bendungan Tebing Kayangan sendiri jarang diketahui karena tempatnya rumayan mblusuk, namun dari informasi warga disinilah banyak ikan lunyu atau sidat.
Untuk rute menuju Bendungan Kayangan bisa dibaca:

3. Laguna Glagah Kulonprogo

Tempat Spot  Sahdu Mancing di Kulonprogo Yogyakarta
[email protected] Karang Pecah
Tidak semua pantai memiliki Laguna seperti yang dimiliki oleh Pantai Glagah Kulonprogo. Laguna yaitu suatu cekungan yang semulanya didaratan kemudian diisi oleh air laut. Di Laguna Glagah ini anda bisa memancing sekaligus berwisata merilekskan pikiran dari kepenatan rutinitas kerja.
Baca Juga :


4. Daerah Kali Mbodeh Kulonprogo

Tempat Spot  Sahdu Mancing di Kulonprogo Yogyakarta
Foto@ Ovik Putra
Lokasi yang ke empat adalah Kali Bodeh, Kali atau sungai yang berada disekitaran Jalan Wates. Jadi apabila mau berkunjung kesini dari arah Timur langsung menuju Jalan Wates, kemudian melewati Pasar Sentra Buah Gamping masih lurus ke barat sampai menemukan Pom Bensin pertama terus ambil arah ke selatan.

5. Hutan Mangrove Temon Congot

Tempat Spot  Sahdu Mancing di Kulonprogo Yogyakarta
[email protected] Karang Pecah 

Hutan Mangrove Congot ini berada di Dusun Pasir Mendit Jangkaran Temon Kulonprogo, untuk lokasi memang jauh dari kota Jogja namun disini anda bisa menikmati sahdunya pemandangan disini saat mancing dan merasakan sejuknya angin.

6. Kali Progo

Tempat Spot  Sahdu Mancing di Kulonprogo Yogyakarta
Foto@rybigreds

Sungai atau kali yang membentang dari Merapi menuju Pantai Selatan ini memang cukup terkenal bagi masyarakat Jogja. Sungai yang menghasilkan bahan galian atau tambang pasir ini juga bisa digunakan sebagai spot mancing sahdu di sepanjang aliran Kali progo

Itulah pembahasan lungo.id mengenai tempat memancing sahdu di Kulonprogo. Tetap jaga kelestarian lingkungan dan tetap uncal.

Baca juga artikel lain mengenai wisata Kulonprogo:
Sabtu, 30 April 2016

Menikmati Keindahan Kota Jogja dari Candi Ijo Jogja

Candi Ijo Jogja


Candi Ijo Jogja Rute Candi Ijo Corak Candi Ijo Harga Tiket Masuk Candi Ijo
Foto @adhipati
Lungo.id -  Main ke Jogja? Taunya cuma Tugu, Malioboro, Kilometer Enol? Wah itu wisata mainstream banget dan terbukti ga kekinian. Tau ga sih ternyata Yogyakarta sendiri memiliki peninggalan candi yang rumayan banyak, mulai dari yang terkenal seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, sampai Candi yang tertinggi yaitu Candi Ijo Jogja. Candi Ijo yang bercorak Hindu merupakan Candi yang tertinggi di Kota Pelajar. Candi Ijo Jogja mendapatkan katagori candi tertinggi di Jogja karena letaknya berada di sebuah bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 357,402 m – 395,481 mdpl dengan alamat di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman.

Foto oleh @isabajaj

Biaya Masuk, Parkir, dan Fasilitas di Candi Ijo


Harga tiket masuk di kompleks Candi Ijo untuk saat ini masih gratis alias tak berbayar, hanya cukup membayar biaya parkir saja sebesar Rp 2000, cukup murah kan? Untuk fasilitasnya bisa dikatakan rumayan, karena disini terdapat mushola yang menjadi satu dengan pos satpam, toilet dan apabila kelaparan, warga sekitar sudah berjubel menjual makanan di pinggir jalan. Terus disini bisa ngapain aja? Jangan salah, meskipun kompleks candi, namun Candi Ijo lain daripada candi biasanya, karena disini memiliki pemandangan yang menarik, apabila memandang ke arah selatan akan terlihat sebuah lembah curam yang indah masih hijau dan disebelah barat akan tampak Bandara Adisucipto dan hamparan luas pemandang Kota Jogja. Sunsetpun bisa dinikmati di Candi Ijo apabila berangkat sore hari. yang pada akhirnya perjalan jauhpun terbayarkan dengan pemandangan indah disini.

Baca Juga:
Candi Ijo Jogja Rute Candi Ijo Corak Candi Ijo Harga Tiket Masuk Candi Ijo
Foto @ulfhmaryam

Rute Menuju Candi Ijo Jogja

Jalan menuju Candi Ijo Jogja lumayan mudah untuk di jangkau karena jalan sudah beraspal dan tidak jauh dari Kota, yaitu apabila dari Kota Jogja langsung menuju ke Jl. Jogja-Solo (arah ke Candi Prambanan), sebelum sampai di Candi Prambanan ada pertigaan, ambil arah ke kanan atau arah Jl. Raya Piyungan, kemudian ikuti jalan sampai menjumpai Candi Boko dan sebelum SMP N 1 Prambanan terdapat perempatan langsung belok kiri atau ambil arah ke timur langsung ikuti petunjuk jalan (papan nama Candi Ijo) sampai menuju ke Jalan Candi Ijo tinggal ikuti jalan sampai ke Candi Ijo. Jalanan disini rumayan curam dan bergelombang, tetap hati-hati selama melewati Jalan Candi Ijo.

Arah Menuju Candi Ijo dari Jogja Via Google Maps 




Candi Ijo Jogja Rute Candi Ijo Corak Candi Ijo Harga Tiket Masuk Candi Ijo
Foto @vivaunit3
Ada yang tak kalah menarik dari Candi BercoraK Hindu ini, dimana setiap setahun sekali tepatnya sekitar bulan Februari ada pelantikan yang tak biasa dari KSR PMI Unit III UPN Veteran Yogyakarta, yaitu organisasi yang dimiliki oleh UPN yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Lhoh kenapa kok tak biasa? Jadi gini, tak biasa karana calon anggota dididik dan longmarch selama 3 hari 2 malam untuk mencapai candi tertinggi dengan berjalan kaki. Menarik dan kelihatan mustahil kan? Tetapi anak-anak Unit III UPN ini perkasa lho, mampu menaklukkan bukit, lembah, jalan aspal sampai dilantik menjadi anggotadi Candi Ijo Jogja. Kegiatan pelantikan ini sudah berlangsung hampir 30 tahun dimana organisasi ini masih eksis sampai sekarang.

Baca juga wisata menarik Kulonprogo dibawah ini: 

Rabu, 27 April 2016

Menikmati Sensasi Mandi Mata Air Alami di Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Foto oleh @Air_terjun_Kembangsoka
Lungo.id - Masih di seputaran Girimulyo Kulonprogo, ada salah satu spot wisata menarik yaitu Air Terjun Kembang Soka. Lokasi Air Terjun Kembang Soka berada di Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Air Terjun Kembang Soka mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan air terjun lain di daerah Jogja pada umumnya. Air Terjun Kembang Soka memiliki ciri khas yaitu airnya seperti mempunyai dua warna yaitu Putih dan Hijau. Mengenai nama Air Terjun Kembang Soka sendiri dahulu ada pohon Kembang Soka di daerah air terjun yang lumayan besar, Seiring berjalannya waktu pohon tersebut mati. Ada dua mata air yang menjadi sumber air di Air Terjun Kembang Soka yaitu Mata Air Jaran dan Mata Air Kembang Soka. Kedua Mata Air ini sangat jernih. Bila anda kehabisan bekal minuman, Air dari Mata air ini bisa menjadi solusi Anda. Di Air Terjun Kembang Soka pengunjung bisa mandi dan berenang di kolam renang alami dengan kualitas air yang jernih. Bila Anda membawa keluarga, teman, atau kolega bisnis pengelola Air  Terjun Kembang Soka menyediakan Gazebo. Air Terjun Kembang Soka juga terdapat banyak spot yang bagus untuk berfoto bersama atau sekedar selfie.
Foto oleh @Air_terjun_Kembangsoka
Baca Juga :


Fasilitas di Air Terjun Kembang Soka

Untuk fasilitas Anda tidak perlu khawatir. Di tempat wisata ini tersedia fasilitas yang cukup lengkap mulai dari kamar ganti, parkir kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Untuk wisatawan yang ingin menginap di Air Terjun Kembang Soka juga disediakan homestay. Sedangkan untuk penginapan sudah mulai dibangun saat artikel ini terbit. 
Foto oleh @Air_terjun_Kembangsoka

Biaya Masuk, Parkir, dan Homestay Air Terjun Kembang Soka

Bila Anda inging berwisata ke Air Terjun Kembang Soka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena biaya masuk ke tempat wisata Air Terjun Kembang Soka per bulan Mei 2016 menurut informasi yang kami dapatkan dari Bapak Giyono selaku Wakil Ketua Pengelola Wisata Air Terjun Kembang Soka adalah sebesar 4000 rupiah, Sementara untuk parkir kendaraan adalah 2000 untuk Sepeda Motor dan 5000 untuk mobil. Sementara untuk Homestay biayanya berbeda-beda sesuai dengan paket atau Anda dapat menghubungi Bapak Giyono di 085292122131 via What'sapp, sms, atau telepon.
Foto oleh @Air_terjun_Kembangsoka

Rute Menuju Air Terjun Kembang Soka

Arah menuju Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo cukup mudah dari Tugu Jogja ke barat menuju jalan Godean lalu lurus ke barat sampai melewati jembatan sungai Progo . Setelah melewati jembatan itu masih lurus dan sampailah perempatan Kenteng - Nanggulan. Dari perempatan Kenteng - Nanggulan masih lurus ke barat lagi atau ke arah perbukitan Menoreh .dari Kenteng Nanggulan arahkan kendaraan ke Barat arah Girimulyo, dan kita akan disuguhi bentangan sawah yang luar biasa indah dengan bukit didepan kita, dan setelah itu ada pertigaan ambil arah kekiri menuju arah goa kiskendo. Setelah sampai di Goa Kiskendo perjalanan dilanjutkan dengan mengambil arah ke Waduk Sermo. Setelah Anda memasuki wilayah jatimulyo Anda tinggal mengikuti petunjunk arah menuju Air Terjun Kembang Soka. Bila Anda meras bingung atau tersesat anda bisa bertanya kepada warga sekitar.

Bila anda masih merasa bingung, Silahkan lihat google maps dibawah ini.


Jalan Menuju Air Terjun Kembang Soka Via Google Maps 

Sabtu, 23 April 2016

Menyongsong Mentari Pagi di Puncak Moyeng Kulonprogo

Puncak Moyeng 

puncak moyeng pagi hari, sunrise di puncak moyeng kulonprogo
Foto oleh  @gonosantoso 

Lungo.id - Wisata berikutnya yang akan di bahas adalah Wisata di daerah Kulonprogo  yaitu Puncak Moyeng. Puncak Moyeng masih berada di Kecamatan Girimulyo yang mempunyai sekitar 28 spot wisata alam yang aduhai. Dibandingkan dengan Puncak lain di area Bukit Menoreh, Puncak Moyeng memiliki ketinggian yang lebih rendah. Meskipun posisinya lebih rendah, Puncak Moyeng berada di ujung Timur, tentu saja dengan panorama indahnya Kota Jogja, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. 
panorama puncak moyeng kulonprogo
Foto oleh @yanuar_surya 

Baca Juga


Waktu yang tepat untuk menikmati indahnya Puncak Moyeng dengan Maksimal adalah sebelum matahari terbit. Untuk melihat matahari tenggelam tidak disarankan karena rutenya cukup terjal kecuali kamu benar-benar hafal dengan medan di sekitar Puncak Moyeng. Tapi kamu dapat mencoba mendaki Puncak Moyeng pada malam hari bila kamu mempunyai nyali seperti mas @dwiingsan_n 
panorama puncak moyeng malam hari
Foto oleh @dwiingsan_n  


Rute Menuju Puncak Moyeng

Rutenya dari Tugu Jogja arahkan ke barat menuju jalan Godean lalu lurus ke barat sampai melewati jembatan sungai Progo . Setelah melewati jembatan itu masih lurus dan sampailah perempatan Kenteng - Nanggulan. Dari perempatan Kenteng - Nanggulan masih lurus ke barat lagi atau ke arah perbukitan Menoreh .dari Kenteng Nanggulan arahkan kendaraan ke Barat arah Girimulyo, dan kita akan disuguhi bentangan sawah yang luar biasa indah dengan bukit didepan kita, dan setelah itu ada tanjakan dan ikuti saja sekitar 10 menit  akan terlihat palang kecil dikiri jalan bertuliskan Puncak Moyeng, dan ikuti jalan semen hingga akhirnya harus berganti dengan jalan tanah. Masih bingung? silahkan buka link dibawah ini

Lokasi Puncak Moyeng via Google Maps


sketsa wisata daerah girimulyo oleh @panoramagirimulyo

Baca Juga wisata daerah Girimulyo lainnya